Pusat kerajinan perak kotagede Yogyakarta (the jewellery of java)

Yogyakarta – Membahas  tentang kerajinan, di daerah Kotagede,Yogyakarta terdapat sebuah sentra kerajinan berbahan perak, Sentra ini menjadi pusat kerajinan perak sekaligus sebagai destinasi wisata budaya yang ada di Yogyakarta. Sentra kerajinan ini keberadaannya memiliki sejarah tersendiri  yaitu merupakan budaya turun temurun sejak abad 16 yang pada awalnya berupa kerajinan emas, perak dan tembaga. Pada akhirnya, kerajinan peraklah yang berkembang.

                Ragam hasil dari kerajinan perak di Kotagede ini bervariasi mulai dari cincin,hiasan dinding rumah hingga miniatur-miniatur budaya Indonesia seperti candi,andong dll, Dari ragam kerajinan tersebut harga jualnya juga bervariasi mulai dari 100.000 hingga puluhan juta tergantung kerumitan dan kualitas bahan.

Dan secara umum hasil kerajinan perak terbagi menjadi dua yaitu :

  • Filigree, yaitu kerajinan perak yang dihasilkan dari benang yang disusun atau dibentuk menjadi model yang diinginkan,contohnya perhiasan,aksesoris dll.
  • Solid Silver,yaitu kerajinan perak yang terbuat dari perak padat atau lempengan,hasilnya seperti peralatan dapur,miniatur dll.

Tak sebatas kerajinan perak yang ada di sentra ini namun juga terlihat beberapa pengrajin batu akik, karena keunikan akan lengkapnya pembuatan persiasan sentra kerajinan perak kota gede sering juga disebut sebagai jewellery of java atau pusatnya perhiasan. Setelah berkeliling di sentra-sentra kerajinan perak kota gede anda dapat juga melihat bangunan-bangunan sejarah kerajaan mataram islam yang juga masih berada disekitar wilayah Kotagede,Yogyakarta.

Untuk menuju ke destinasi wisata kerajinan perak ini cukup mudah dan terjangkau karena letaknya masih berada di dalam kota madya Yogyakarta, destinasi ini sangat menarik terutama bagi yang sedang berlibur ke kota Yogyakarta untuk mencari referensi oleh-oleh yang berbeda dari kota Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *