Pendakian Gunung Rinjani Lombok dan itenerary perjalanan via sembalun

touring ke lombok dan angkutan umum darat dari pulau Jawa)

         Sulit mengungkapkan dengan kata-kata untuk sebuah keindahan  gunung  Rinjani  dengan segara anaknya, setelah coretan-coretan saya di beberapa gunung berapi dipulau Jawa, kini beralih sedikit ke timur pulau jawa  ke pulau Lombok, kami akan sedikit mengulas salah satu destinasi tropis Indonesia di pulau lombok  yaitu gunung Rinjani.

                Gunung Rinjani merupakan gunung api tertinggi di pulau Lombok dan gunung api tertinggi kedua DI Indonesia setelah gunung berapi Kerinci di pulau Sumatra, gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 MDPL. Selain view laut dan jalur pendakian dengan padang rumput yang hijau indah, gunung ini juga memiliki danau di dekat puncaknya yaitu danau Segara anak. Dengan keindahan yang ditawarkan di gunung ini maka sudah menjadi hal biasa sebagaian besar pendaki adalah WNA dari penjuru dunia terutama pada musim panas, yang memang juga lokasinya dipulau Lombok juga bersebelahan dengan pulau Bali.

                Akses ke gunung Rinjani dapat di tempuh melalui kendaraan pribadi (touring), dapat pula dengan angkutan umum, artikel kali ini kami akan mengulas perjalalan menjadi dua bagian yaitu dengan kendaraan pribadi, maupun dengan angkutan umum.

  1. yang pertama dengan kendaraan pribadi(Itinerary perjalanan dengan kendaraan pribadi/touring via surabaya.Start dari jogja,atau bisa dari kota lain menuju Surabaya) .bagi yang menggunakan kendaraan pribadi/touring dari pulau jawa saya rekomendasikan via Surabaya dengan pertimbangan waktu dan tenaga. berikut detail perjalanannya :
  • Surabaya – Lombok (wajib cek ketersediaan tiket kapal melalui web asdp)

dengan kapal ferry Legundi bisa dengan motor dan minibus big bus, (escavator bisa naik) karena memang kapal ini cukup besar J, waktu berangkat biasanya siang hari dan tiba di pelabuhan pulau Lombok kesekoan siangnya juga, dengan sekali makan, jika belum ada perubahan.(dengan kapal ini secara tidak langsung kendaraan dan anda pribadi bisa istirahat sejenak dan langsung sampai Lombok. Untuk update waktu dan harga sesuai golongan kendaraan anda bisa di cek di web asdp ferry legundi https://www.indonesiaferry.co.id/siaran_pers/detail_siaran/41

  • Pelabuhan Lembar (Lombok) – pos pendakian Rinjani

Setiba di pelabuhan di Lombok biasanya siang hari, dapat langsung menuju pos pendakian dengan perjalanan normal kurang lebih sekitar 3jam, tentunya jangan lupa persiapkan alat dokumentasi anda karena perjalanan menuju basecamp memiliki view pantai-pantai  dan jalan kelok yang sangat indah.

02. ke dua atau bagi yang menggunakan angkutan umum (Itenerari perjalanan dengan angkutan umum via bali). Langsung saja berikut berikut untuk rincian perjalanannya :

  • Start Jogja-Banyuwangi.

Dari jogja pagi hari menggunakan kereta api Sritanjung (Rp.110.000 pada tahun 2017) untuk harga dan jadwal terupdate bisa cek langsung di web KAI , bisa juga dengan bus “Akas turun di terminal Banyuwangi, sesampai di kota Banyuwangi

  • Stasiun/terminal Banyuwangi – Ketapang pelabuhan.

Tiba di stasiun biasanya pukul 21.00. Dari stasiun menuju pelabuhan tidak jauh, bisa jalan kaki hitung-hitung buat pemanasan kaki :).

  • Pelabuhan Ketapang – Pelabuhan Gilimanuk(bali).

Dengan kapal perjalanan sekitar kurang dari satu jam dan ongkos RP.7000, harga bisa berubah sewaktu-waktu

  • Pelabuhan Gilimanuk – Padangbai.

Setelah satu jam perjalanan, kapal sampai di pelabuhan Gilimanuk anda bisa istirahat sejenak sembari makan malam atau istirahat. Biasanya bus “Bahagia” keberangkatan terminal Gilimanuk menuju Padangbai tengah malam dengan ongkos sekitar RP.70.000 durasi 5jam perjalanan jika lancar. (Sedikit  tips dari saya tetap tenang dan jangan panik atau takut guna untuk hindari calo dengan tidak menerima atau membayar perjalanan tanpa tiket, atau lebih amannya bayar langsung dengan pihak busnya. )

  • Pelabuhan Padangbai (bali) – Pelabuhan Lembar (Lombok).

Pagi hari turun dari bus “Bahagia” dari Gilimanuk tiba di terminal dekat pelabuhan Padangbai dan melanjutkan  Dengan menggunakan ferry ongkos sekitar Rp.40.000 dengan waktu kurang lebih 4jam penyeberangan.

  • Pelabuhan Padang Bai – mandalika – aikmel (bisajuga padaibai langsung aikmel).

Dari pelabuhan ada kendaraan carry menuju aikmel dengan durasi perjalanan 4-5jam perjalanan.ongkos sekitar Rp.50.000 (Sekali lagi saran saya tetap tenang hindari calo)

  • Pasar Aikmel – pos Sembalun Basecamp dengan L300/kendaraan pickup kecil.

Di pasar aimel ini anda bisa belanja logistik perbekalan sebelum akhirnya sampai di pos basecamp pendakian. selanjutnya ongkos perjalanan dari pasar Aikmel menuju Basecamp Per orang ongkos sekitar 25.000/orang. Dan selamat anda sudah sampai di basecamp Rinjani sembalun, jangan lupa registrasi sebelum pendakian

*jika menginginkan angkutan umum namun via Surabaya kurang lebih sama mekanismenya dengan perjalanan touring pribadi diatas, dengan perubahan setiba di pelabuhan lembar (LOMBOK)  anda harus mencari kendaraan lagi menuju basecamp (dan biasanya ada beberapa penyedia travel yang merapat  pelabuhan) untuk harga bisa nego langsung ditempat.

Setelah sampai dibasecamp dan selesai melakukan registrasi, anda bisa melanjutkan perjalanan pendakian biasanya perjalanan dimulai pagi hari, Untuk menggunakan jasa guide biasanya Rp.350.000/Hari dan porter Rp.275.000, atau langsung saja memulai pendakian tanpa guide dan porter dan tentunya dengarkan arahan pihak registrasi pendakian dan siapkan fisik yang prima.

  • Memulai pendakian

Siapkan mental,fisik dan bekal yang cukup dan berlebih :).

  • Start menuju pos 1.

perjalanan lancar sekitar  2jam dengan track datar view savanna.

  • Pos 1 menuju pos 2.

Satu jam perjalanan dengan kuranglebih sama dengan sebelumnya

  • Pos 2 menuju pos 3

Satu jam perjalanan

  • Pos 3 menuju pos 4 atau pos trakhir sebelum summit.

Disini track paling terjal dimulai dengan durasi jalan normal sekitar 4jam perjalanan atau mungkin bisa lebih.

  • Pos 4 – summit

Sesampai di pos 4 bisa mendirikan tenda dan waktu ideal buat summit adalah dinihari.

  • Summit –turun

setelah summit dan turun jangan lewatkan untuk mampir di telaga Segaraanak dan siapkan pancing ikan jika anda hobi memancing 🙂 , di segara anak kita dapat mendirikan tenda dan bersantai santai menikmati alam rinjani secuil surgA ditanah Lombok di negri indonseia.

selesai pendakian, perjalanan pulang bisa sesuai urutan berangkat sebelumnya atau sangat kami rekomendasikan jalan-jalan terlebih dahulu di pulau Lombok terutama bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi jangan lewatkan explore keindahan pulau Lombok dengan pantai-pantainya,. mungkin itu saja ulasan kami tentang pendakian gunung Rinjani sedikit pesan kami untuk sahabat petualang semua “nikmati, jaga alam dan lingkungannya, sapa warganya dengan senyuman jika kita tidak bisa memberikan kebaikan minimal jangan tinggalkan keburukan :).

sekian ulasan kami terimakasih sudah berkunjung di web wisatatropis, kritik dan saran atau sangat kami nantikan.

semoga bermanfaat,

Salam petualang tropis,wassalam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *