Pendakian gunung Merapi via Selo dan itinerary perjalanan

 Pendakian merapi via selo dan itinerary

Setelah sebelumnya mengulik tentang gunung Andong,Prau dan pada kesempatan kali ini saya akan sedikit beralih membahas tentang gunung aktif yaitu gunung merapi dan pendakiannya. Gunung Merapi secara geografis terletak di kab.Boyolali, yang juga berdekatan dengan kab.Magelang, kab, Klaten, Gunung merapi memiliki ketinggian 2.930 Mdpl.dan merupakan gunung berstatus aktif,juga tercatat gunung paliang aktif di Indonesia. UntukĀ  saat ini pendakian merapi hanya tersedia melalui jalur pendakian Selo kab.Boyolali, sedangkan akses menuju pendakian gunung Merapi via Selo dapat ditempuh dengan angkutan umum maupun kendaraan pribadi atau dapat juga jemputan dari basecamp. untuk angkutan umum dapat diakses melalui kab.Boyolali dan hanya tersedia sampai dengan sore hari, dengan rincian perjalanan menuju kab.Boyolali sebagai berikut.

  • Dari Solo (terminal tirtonadi) Tirtonadi menuju Boyolali (sunggingan) dengan durasi perjalanan satu jam, ongkos sekitar 25.000an (Boyolali sunggingan dapat jalan menuju Pasarsapi yang letaknya tidak terlalu jauh anda dapat menanyakan ke warga sekitar.)
  • Dari pasar sapi – Cepogo, durasi perjalanan sekitar 30-45menit, dengan ongkos kurang lebih 15.000
  • Dari cepogo – Selo (polsek selo) durasi perjalanan 30-45 menit dengan ongkos 15.000.
  • Dari Selo ini basecamp sudah dekat (sekitar 5km) anda bisa berjalan kaki atau naik ojek yang tersedia disekitar

* bus jurusan menuju Boyolali dapat ditempuh dari solo maupun Semarang, saran saya anda tiba di Boyolali pagi hari dikarenakan angkutan menuju Selo tidak tersedia 24jam hanya sampai siang menjelang sore.

Sesampai di Selo bagi anda yang ingin istirahat terlebih dahulu anda dapat mencari homestay yang tersedia disekitar atau bila hanya membawa sedikit rombongan anda dapat istirahat langsung di Basecamp juga tersedia tempat, dan tak perlu khawatir soal sinyal disana sinyal internet masih bisa diakses . Setelah anda selesai istirahat dan siap perbekalan anda dapat melakukan registrasi pendakian dengan tariff sekitar 16.000Rupiah .kemudian setelah semua registrasi selesai anda dapat memulai pendakian menuju puncak Merapi.

  • Pendakian diawali dengan jalan cor menuju pos satu atau pintu rimba atau anda akan melewati New Selo dengan durasi perjalanan sekitar 90menit
  • Pos satu menuju pos 2, dengan kondisi vegetasi rapat banyak akar di jalur pendakian lembab dan durasi perjalanan sekitar 90menit atau bisa lebih jika anda berjalan santai
  • Pos 2 menuju pos 3 (pasar bubrah) kondisi mulai bebatuan dan suhu mulai dingin memakan waktu sekitar 2jam sampai pada pasar bubrah

*Sebagai catatan tidak terdapatĀ  mata air untuk pendakian merapi via selo (saran untuk membawa perbekalan air lebih), dan untuk mendirikan tenda anda bisa mendirikan tenda dipasar bubrah dengan view gunung Merbabu.

Setelah selesai pendakian bila anda masih memiliki cukup waktu dan budget , anda bisa mengunjungi gardu pandang ketep pass yang jaraknya skitar 20km kurang lebih dari basecamp (anda bisa menggunakan charteran kendaraan basecamp) anda dapat melihat museum gunung merapi di gardu tsb. Atau mungkin bisa juga wisata sekitar yang paling dekat seperti new selo.

Sekian ulasan perjalanan tentang pendakian gunung Merapi via Selo dan Terimakasih sudah berkenan membaca artikel liburan di web kami, silahkan kritik dan sarannya akan terus kami tunggu teman-teman petualang semua.

Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *