Pendakian Gunung Kerinci dan itinerary perjalanan (via kayu Aro)

The highest volcanoes summit in Indonesia

Mungkin bagi sebagaian pendaki Indonesia sudah tidak asing lagi dengan gunung Kerinci, gunung api aktif  tertinggi di Indonesia juga di Asia tenggara dengan ketinggian 3.805.Mdpl,gunung ini terletak di sisi barat Indonesia tepatnya di provinsi Jambi.   Jalur pendakian gunung ini dapat dikses melalui dua jalur yaitu : Via kersik tuo (provinsi Jambi) dan Via Solok (provinsi Sumatra Barat), kali ini kami akan membahas pendakian Kerinci via Kersik tuo dengan alasan pengalaman penulis mendaki via Kersik tuo provinsi Jambi.

            Akses untuk sampai ke gunung Kerinci bisa melalui jalur udara maupun darat, jika menggunakan jalur udara atau pesawat cukup simple yaitu silahkan anda mencari tiket pesawat tujuan kota Padang dan melanjutkan dengan bus Damri ke terminal, lalu perjalanan dilanjutkan dengan minibus/travel sampai basecamp atau bisa juga langsung jemputan di bandara dari pihak basecamp tentunnya dengan reservasi terlebih dahulu, jika ada yang bertanya kenapa ke bandara kota Padang bukan Jambi penjelasannya karena akses darat dari bandara menuju basecamp lebih dekat dengan bandara Padang. Berikut rincian :

Kota asal – bandara padang.

  • Bandara – terminal biaya sekitar Rp.15.000.
  • Terminal –Basecamp biaya sekitar Rp.150.000.
  • Biaya porter sekitar Rp.250.000 perharinya.

(harga bukan acuan pasti/dapat berubah sewaktu-waktu)

Via darat

  • Jika dari Jakarta/pulau jawa silahkan cari bus jurusan bangko (jambi) biasanya ada bis “ALS”,”Handoyo”, “Family Raya Ceria”, dll biaya sekitar Rp.400.000.
  • Dari terminal bangko ke Sungai penuh perjalanan sekitar 5jam menggunakan travel biaya sekitar Rp.75.000. sesampai di sungai penuh anda dapat melanjutkan dengan ojek atau angkot. (bila anda rombongan bisa juga travel bangko langsung pintu rimba).

Disekitar basecamp juga terdapat beberapa homestay yang harganya cukup bersahabat, namun dapat juga istirahat langsung dibasecamp jika ingin melanjutkan pendakian hari itu juga .untuk perbekalan logistik bisa belanja di sekitar basecamp karena memang disekitar basecamp banyak terdapat warung dan toko-toko sembako. Sebagai tambahan Juga jangan lupa siapkan kamera karena view kebun teh disekitaran sangat indah dengan background gunung kerinci :).

Setelah siap semua mari memulai pendakian

  • Basecamp – pos I

Perjalanan dimulai masih terbilang cukup landau dengan estimasi kurang dari satu jam sampai di pos Satu

  • Pos I – pos II,

 kondisi perjalanan dan jarak tempuh masih sama dan

  • Pos II – pos III,

sedikit lebih panjang namun tak jauh beda dengan perjalanan pos sebelumnya

  • Pos III – Shelter I & Shelter 2

Pendakian mulai terasa berat karena selain jarak yang cukup jauh juga kemiringan pendakian mulai curam dengan sudut kmiringan sekitar 6o^ dan banyak terdapat jalan membentuk goa, tak jarang jika hujan menjadi tempat aliran air. Setimasi sekitar 3jam lebih sesampai di shelter 2 atau tiga anda bisa mendirikan tenda

  • Shelter 2- Shelter 3

Dari shelter tiga kita bisa melakukan summit attack pada waktu dini hari sekitar pukul 03.00, dari shelter 2 menuju 3 kurang lebih memakan waktu 70menit

  • Shelter 3 – tugu yudha – puncak

Summit attack atau dari shelter 3 menuju tugu Yuda, dan lanjut puncak kurang lebih memakan waktu sekitar 2-4jam, Dengan medan yang cukup ekstrim bebatuan cadas ala gunung berapi. dan sampailah anda di puncak dengan view yang sangat indah, selamat anda telah sampai di atap Sumatra, gunung tertinggi kedua setelah Puncak Jayawijaya dan gunung api tertinggi Indonesia. Perjalanan turun dari puncak menuju basecamp kuranglebih sama , dan jangan lupa hati-hati karena track turun lebih licin dan kondisi jalur yang cenderung becek.

Sesampai di basecamp jika kondisi energi tubuh,waktu yang lebih, anda dapat juga mengunjungi danau kerinci,danau gunung tujuh (salahsatu danau tertinggi di asia tenggara yang merupakan warisan UNESCO),dapat juga wisata di kebun teh sekitar basecamp.

Sekian ulasan kami tentang pendakian gunung Kerinci via kayu aro,

Terimakasih sudah berkenan membaca artikel web wisata tropis, silahkan kritik dan sarannya akan terus kami tunggu dari teman-teman petualang semua.

Atau dapat juga berkunjung ke kanal YOUTUBE : wisatatropis

Terimakasih.

wassalam

2 thoughts on “Pendakian Gunung Kerinci dan itinerary perjalanan (via kayu Aro)

    • 26 Oktober 2020 pada 3:30 pm
      Permalink

      kampuang nan jauh di mato dakek dihati, tetangga pak Mahli 🙂

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *